Burung kertas

Pernah denger sebuah mitos bahwa jika kamu membuat 1000 buah burung kertas lalu kamu membakarnya dan menyebutkan sebuah harapan, maka harapan kamu akan terwujud karena burung – burung kertas yang kamu bakar jiwanya akan melatang tinggi ke langit hingga mendekati surga lalau tuhan akan mendengar harapanmu dan harapanmu besar kemungkinannya akan terwujud..

Sekitar 2,5 tahun yang lalu, ketika masa – masa berat dihidupku dan aku beusaha untuk tetap ‘berada’ di dunia ini. Aku mencoba mengalihkan pikiranku yang sangat kalut dengan membuat burung – burung kertas

Aku membuat burung – burung itu dengan harapan

1. Aku bisa tetap fokus dimana aku berada.

2. Aku berharap semoga setiap 1 burung yang aku buat bisa meringankan sedikit rasa yang ada di hati. Jika 1 burung 1 rasa semakin banyak aku membuat burung semakin ringan rasa dihati ini.

3. Aku juga berpikir jika 1 burung mewakili serpihan – sepihan impian yang sempat hancur aku berharap semakin banyak burung yang aku buat impian itu semakin menyatu kembali dan bisa terwujud jika aku membakarnya kelak.

Akhirnya aku membeli kertas biru dalam jumlah banyak ( Blue it’s my fave). Aku potong berukuran 3 x 3 cm. Aku pikir semakin kecil ukuran burungnya akan semakin sulit membuatnya dan aku akan semakin fokus dalam pengerjaannya.

Aku buat setiap hari sambil mengisi setiap waktu yang berlalu di dalam kamar ( saat – saat dimana aku belum bisa beraktivitas secara full ), awalnya memang sulit dan aku benar – benar dibuat konsentrasi karenanya. Setiap hari aku bisa menghasilkan hampir 50 – 100 tergantung mood juga hehe.. sampai akhirnya aku bisa kembali beraktivitas, aku selalu membawa tempat kecil dan potongan kertas biru di dalam tas, sehingga setiap kali pikiranku mencoba melayang jauh aku akan langsung mengambil potongan kertas itu dan membuat burung.

Namun lama kelamaan tangan ini menjadi terbiasa, tanpa perlu konsentrasi dan fokus secara otomatis aku bisa membuat burung – burung tersebut dengan cepat. Cara ini sudah tidak lagi efektif karena ketika tanganku bekerja pikiranku kembali bisa melayang entah kemana dan membuatku kembali disorientasi ruang dan waktu.

Sampai saat ini aku berhasil membuat 2675 buah burung kertas yang masih aku simpan rapi di balik toples kaca, begitu juga dengan kisah yang menyertai burung – burung kertas tersebut masih tersimpan rapi di salah satu ruang di hidupku. Seperti halnya juga burung kaca tersebut, kisahku yang menyertai burung tersebut masih tersimpan rapi di balik kaca hatiku, terlihat tapi tak tersentuh, tak ingin memecahkan kacanya karena takut terluka, padahal mungkin jika aku memecahkan kacanya dan membiarkan burung itu terbang bebas..segalanya akan lain.. tapi aku hanyalah seorang pengecut yang takut terluka lagi..

Ketika menulis ini aku sedang berpikir untuk membakar 1000 burung kertasku, menghilangkan rasa yang selama ini tersimpan dan make a wish

Tags: ,

2 Responses to “Burung kertas”

  1. erfano nalakiano Says:

    aku belum pernah coba…dan nggak akan pernah cona bikin burung2an…soalnya gak bisa he…he…. 😛
    Duh, jarang main ke sini nih!

    Ayo pak latihan ma saya, lumayan buat ke anak – anak hehe

  2. vinda ekasari Says:

    semangat yang luarbiasa,membuat setiap detik makin berarti,dengan melakukan pekerjaan yang unik dan kreatif

Leave a Reply

